Petunjuk Praktik Mengendarai Sepeda Motor

21 Feb

Sehubungan makin bertambahnya angka kecelakaan di negara kita ini, yang pada umumnya kecelakaan yang terjadi yaitu pada kendaraan bermotor roda dua(2).

untuk itu ane berikan beberapa Tips yang mungkin bermanfaat bagi para pembaca Blog ane ini,Berikut adalah petunjuk praktis mengendarai Sepeda Motor :

1. Pusatkan Perhatian Pusatkan perhatian Anda dan jangan terpengaruh kelakuan pengendara lain. Patuhilah petunjuk petugas, rambu-rambu dan isyarat lalu lintas serta marka jalan.

2. Beri Kesempatan Pada Orang Lain.

Ketika mendekati persimpangan, anggaplah semua kendaraan seolah-olah akan belok ke kanan mendahului Anda. Disini Anda siap siap menghindar. Kalau mau aman, beri kesempatan lebih dahulu

3. Jaga jarak Jangan menempel rapat dengan mobil maupun sepeda motor lain, karena bila kendaraan di depan selip atau berhenti mendadak, Anda tak punya kesempatan atau jarak untuk mengelak. Sekalipun sudah membuat jarak, tetap siaga untuk melakukan antisipasi.

4. Waspadalah Mobil di Depan

Apalagi menguntit bus, Amati penumpang di dalamnya atau gerak tangan kondektur. Sebab bus bisa berhenti atau membelok secara mendadak.

5. Atur Kecepatan

Sesuai kecepatan dengan reaksi, terlebih di sore hari (pulang kerja atau setelah menempuh perjalanan jauh. Seba respon para pengendara tidak secepat di pagi hari (awal berkendara).

6. Di Lampu Merah (Trafic Light)

Sewaktu hijau menyala, jangan langsung tancap gas. Sikap demikian sangat ceroboh dan mengundang bahaya, dapat berakibat fatal.

7. Perhatikan Kaca Spion

Dengan begitu, Anda bisa mendeteksi kendaraan lain dan pergerakanya di belakang

8. Membaca Arah Mobil di Depan

Perhatikan wajah pengendara melalui spion mobil itu.

9. Perhatikan Pergerakan Isyarat

Selain isyarat kepala dan pandangan, gerak tangan di kemudi juga bisa dideteksi, gerak mobil juga bisa dipantau melalui marka jalan. Apakah semakin menjauh atau menutup garis putih.

10. Saat Akan Mendahului

Sebelum mendahului, buat jarak sambil mengarahkan motor ke kanan, sehingga anda bisa melihat kendaraan dari depan. Lalu bunyikan klakson, kalu kurang yakin nyalakan lampu jauh (beam).

11. Ketika Mendahului

Jangan terlalu mepet, karena jika kendaraan yang didahului/disalib tiba-tiba pindah jalur, anda tidak bisa menghindar.

12. DI Daerah Padat Lalu Lintas

Ditingkatkan kewaspadaan, terutama terhadap angkutan umum (truk dan kendaraan besar) yang berhenti seenaknya. Juga pekalan kaki, karena saat jalan macet, kadang mereka muncul mendadak atau menyebrang jalan tanpa menoleh kanan-kiri terlebih dahulu.

13. Di Sela-sela Mobil

Jangan memaksa diri untuk melakukan manuver di sela-sela mobil. sangat berbahaya jika tiba-tiba ada kendaraan atau orang nyelonong, Anda tidak punya ruang untuk mengelak.

14. Melihat Fatamorgana

Bila dari jauh Anda melihat fatamorgana, sekalipun suasana lalu lintas sangat lengang, tetap kurangi kecepatan kendaraan. Mungkin saja itu adalah ceceran oli, air atau aspal jalan yang meleleh.

15. Mendekati Terminal/Pool Bus

Di pintu masuk terminal / pool bus atau pintu keluarnya sering terdapat bekas tumpahan oli. Kondisi serupa juga terdapat di pangkalan truk, pompa bensin, bengkel atau pabrik.

16. Waspadalah Buka Pintu Mobil

Memasuki jalan yang banyak terdapat mobil di parkir, jaga jarak ketika melintasi disampingnya, minimal melebihi bukaan pintu mobil

17. Antisipasi Geraka Mobil

Selalu waspada gerakan mobil di depan. Karena terkadang pengendara lupa menyalakan lampu sen / isyarat.

18. Melintasi Rel Kereta APi

Jangan tancap gas ketika melintasi rel kereta. Begitu pula di permukaan yang mengandung metal / Logam (seperti Jemabatan) karena dalam kondisi panas bisa mengurangi daya cengkram ban dan licin bila dalam keadaan basah.

19. Posisi Gigi Kecepatan / Persneling

Emosi jangan mudah terpancing dengan adanya suasana yang tidak menguntungkan, apalagi adanya kebut-kebutan. Lebih baik berhenti dahulu sesaat untuk mengantisipasi penyebrang jalan yang ragu.

“Always Safety Riding”

Ref : http://www.ditlantas-poldasulteng.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: